CINTA adalah kata tanpa benda, nama untuk beragam perasaan, muara bagi ribuan makna, wakil dari sebuah kekuatan tak terkira, ia jelas, sejelas matahari.

Kamis, 25 November 2010

6 TAHAP MENCAPAI JIWA BARU

oleh : abidah wafaa

    Dalam sebuah perencanaan kita membutuhkan kematangan,ketepatan dan keseriusan.Kesinambungan proses tsb dibutuhkan u mjd a new soul. a new soul adl tahapan yg bl kita bartikan scr harfiah sama dengan "jiwa baru". Sdangkan dlm islam a new soul bs kiata sederhanakan pemahamannya dgn proses hijrah.

TAHAP 1..PUNYA TEKAD
   Tekad ini agaknya kurang tepat apabila di ukur scr kuantitas statis,namun scr kualitas kita bs merasakannya . imam ghazali mengatakan :" orang yg menghadapi kehidupan di dunia ini dgn tekad kuat penuh optimis dan tdk tunduk thdp keadaan yg berada di sekelilingnya,betapapun buruknya,serta tdk dpt dikendalikan olehnya.manusia tipe inilah yg akan mampu mengambil manfaat dari keadaan yg berada disekelilingnya,betapapun buruknya serta tdk dpt dikendalikan olehnya."

TAHAP 2..RENCANAKAN!
   Tdk ada tempat dan waktu yg bergerak lamban.setidaknya waktu berjalan 24 jam. periode tsbt blangsung penuh kesinambungan tanpa henti.Dengan demikian tetapkan rencana,bulatkan tekad dan gapailah tujuan.

TAHAP 3..LAKUKAN!
   ALLAH memberikan segenap kelebihan dan kekurangan kpd kita.hingga scr personal masing2 orang berbeda tingkat keberhasilannya.Bukankah seseorang yg (maaf) memiliki cacat tubuhpun dpt berkarya.Allah berfrman dlm surat al-Zalzalah:7-8 : "Barang siapa yg mengerjakan kebaikan seberat dzarahpun,niscaya ia akan melihat (balasan)nya.dan barangsiapa yg mengerjakan kejahatan seberat dzarahpun,niscaya dia akan
melihat(balasan)nya,"

TAHAP 4  PANJATKAN DOA
   Mengeluh bukanlah solusi yg baik dan tepat.Keberhasilan sekali lg tdk dpt di ukur hy dgn materi.Ukurlsh keberhasilan dgn cara yg berbeda yaitu parameter kualitatif.Bukankah mdptkan sebuah ide,inspirasi atau apapun itu mrpk sebuah keberhasilan. u itu panjatkan doa hg ALLAH pun pasti tdk akan menyia2kan kita.seperti sabda Rosululloh :"Apabila tlah berlalu separuh malam atau dua pertiganya,Allah turun ke langit dunia dan berkata: adakah diantara manusia yg ingin meminta,mk ia akan diberi ?adakah manusia yg berdoa,mk doanya akan dilakukan ? adakah manusia yg meminta ampun,mk ia akan di ampuni. dmklah hg
fajar terbit."( hr tirmidzi )

TAHAP 5  TULISKAN!
   Sebuah keberhasilan akan tergambar dg jelas apabila kita menuliskan.Tuliskan keberhasilan itu dgcara yg obyektif. oyektif atau jujur thd diri sendiri ,besar,kecil,baik ataupun buruk.

TAHAP 6  BERSYUKURLAH
   Imam ghazali mengatakan;" sdebenarnya kita telah memiliki dunia seluruhnya,pd hari yg dikumpulkan unsur2 ini semuanya di tangan kita.krn keamanan,kesehatan dan kecukupan mrpk suatu kekuatan yg diberikan kpd akal agar dpt berpikir dgn tenang dan mantap yg kadang2 dpt mengubah sejarah seluruhnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar